Laman

Rabu, 30 November 2011

SEPEDA ONTEL GAZELLE

Dalam komplek Rumah Joglo Kino Ning Peni terdapat sepeda ontel perempuan bermerek Gazelle. Sepeda ini pada roda bagian depan memiliki rem tromol, sedangkan pada bagian belakang terdapat rem terpedo di mana untuk memanfaatkan rem ini pedal dikayuh ke belakang, berlawanan dengan ketika sepeda dikayuh ke depan.

Sejarah Gazelle dimulai pada tahun 1892 ketika Willem Kolling yang bekerja sebagai agen kantor pos di Dieren, salah satu desa di Belanda, mengundurkan diri dari pekerjaannya. Kemudian dia memulai usaha dagang sepeda yang dipesannya dari Inggris. Usahanya ini berkembang pesat ketika dia memulai bekerjasama dengan Rudolf Arentzen seorang pengecer perangkat dari besi dan kompor yang juga berasal dari desa yang sama.

Iklan Sepeda Gazelle

Pada tahun 1902 Arenzen dan Kolling membangun pabrik sepeda, dan pada waktu itulah sepeda Gazelle mulai dipasarkan, tentunya di Belanda kemudian di negara Eropa lainnya. Sekalipun usahanya berkembang pesat, pada tahun 1905 Arenzen memutuskan mengundurkan diri dari perusahaan yang didirikannya dan posisinya digantikan oleh saudaranya Hedrik Kolling.

Pada tahun 1915, keluargha Kolling dan kemenakan mereka Jan Breuking mengganti nama perusahaan menjadi N.V. Gazelle Rijwiefabriek v/h Arentzen en Koling. Pada saat itu perkembangan permintaan sepeda Gazelle dari luar negeri berkembang pesat, termasuk dari Indonesia yang ketika itu menjadi koloni Belanda.

Pada tahun 1930-1931, Gazelle memperkenalkan model kerangka silang 9X dan 8V. Berbagai variasi merek Invicta termasuk mrek Gelria diperkenalan dalam katalog Gazelle. Namun dalam perkembangan selanjutnya, pada masa Perang Dunia II, pabrik Gazelle mengalami kerusakan hebat. Sesudahnya, pasca Perang Dunia II tepatnya pada bulan Agustus 1946, sepeda Gazelle kembali mulai dibuat. Pada tahun 1954, perusahaan gazelle berubah dari perusahaan pribadi berubah menjadi in-corporation dan pada saat itu diproduksi satu juta sepeda. Pada tahun 1963, Gazelle melakukan merger dengan Batavus dari Heerenveen, Belanda, namun tidak bertahan lama karena dua tahun kemudian keduanya berpisah kembali.

Pada tahun 1964, Gazelle merupakan perusahaan Belanda yang pertama memperkenalkan sepeda lipat (folding bike) yang dinamai kwiksteep. Sepeda ini dilipat pada sumbu horisontal di bawah siku-siku bawah (bootom bracket), tidak pada sumbu vertikal.Pada tahun 1966, Gazelle memperkenalkan sepeda model tandem moderen yang ringan sebanyak dua juta unit. Dua tahun kemudian, Gazelle mengambil alih merek Juncker, Simplex dan Locomotive serta merek moped terkenal Berini. Selain itu mulai diproduksi hub poros depan dengan rem tromol (drum-brake front hub) bermerek Gazelle sampai sekarang.

Pada tahun 1971, Gazelle diambil alih oleh Tube Investment (TI) dan namanya sekarang telah berubah menjadi Gazelle Rijwielfabriek B.V. sebuah perseroan terbatas (private limited company). Baru pada tahun 1987, TI menjual divisi sepeda miliknya kepada Derby Cycles Corp, perusahaan multinasional yang berkantor pusat di New York yang juga memiliki pabrik sepeda bermerek Raleigh, Sturney-Archer dan merek-merek Jerman yang terkenal, seperti Kalkhoff, Rixe, Winora dan Staiger.

Sampai sekarang, Gazelle masih merupakan salah satu dari sedikit perusahaan besar pembuat sepeda yang masih membuat sepeda sendiri sebagian besar rangka sepeda. Sampai sekarang Gazelle masih menjadi pemimpin industri sepeda Belanda.

Sepeda Gazelle dapat dilacak tahun pembuatannya dari daftar rangka yang disimpan di arsip Gazelle khususnya untuk periode pembuatan tahun 1916 - 1950. Sesudahnya, Gazelle menggunakan nomor langsung yang tertera di setiap sepeda sampai tahun 1974. Angka pertama mengacu angka terakhir tahun pembuatan. Semenjak tahun 1981, Gazelle menggunakan nomor rangka dengan tujuh angka. (Sumber: Theo Matthijs and Herbert kuner, 1999-2006, gilaontel.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar