Laman

Minggu, 20 November 2011

TENTARA TIONGKOK KUNO

Di bagian depan Gazebo Segi Enam di sebelah kiri dan kanan terdapat patung prajurit yang merupakan kerajinan terakota buatan Kasongan, Kasihan, Bantul. Patung ini merupakan replika dari "Tentara Terakota Tiongkok Kuno".

Pada tahun 1974 di Kabupaten Lintong Xi'an, ibukota Provinsi Shaanxi, seorang petani menemukan sebuah dinding bata untuk menyimpan sayuran. Kemudian dengan ragu-ragu, dia membuat lubang di dinding bata tersebut dan melalui lubang itu dia melihat barisan megah para prajurit terakota yang berdiri di sana. Petani tersebut terkejut dan ketakutan kemudian langsung cepat-cepat menutup kembali lubang tersebut dan melaporkan ke Dinas Arkeologi setempat. Selanjutnya pada tahun yang sama Tim Arkeologi yang dipimpin oleh Xu Welhong melakukan penggalian pertama kali dan menemukan patung tentara terakota yang berjumlah lebih dari 8.000 tentara, 130 kereta dengan 520 kuda dan 150 kuda kavaleri dengan ukuran asli tersusun di dalam tiga lubang. Patung-patung tentara tersebut tampak sedemikian hidup, masing-masing menampilkan sinar mata yang garang, dipadukan dengan cahaya matahari yang menembus lubang menjadikan pemandangan itu begitu sempurna. Lokasi penggalian itu berada di dekat makam Kaisar Qin Shihuang.

Patung-patung tersebut dibuat dengan cat warna cerah, namun tampak memudar warnanya karena telah berada di dalam tanah selama sekitar 2.000 tahun. Diperlukan waktu 10 hari untuk memulihkan setiap patung karena sebagian patung-patung tersebut diketemukan dalam keadaan pecah berkeping-keping. Tim Arkeologi juga menemukan tanda-tanda terbakar, diduga pada waktu yang lalu pernah terbakar atau dibakar oleh kelompok pemberontak, namun banyak isi kuburan itu selamat. Tentara terakota tersebut merupakan keajaiban seni budaya Tiongkok tahun 210 SM. (Berita Budaya China, The Epoch Times Indonesia)
Tim Arkeologi China juga menemukan berhasil menemukan 114 patung tentara terakota yang baru di kompleks makam dinasti Qin di Xi'an, di kaki Gunung Li Shan sebelah utara kota Xian, Provinsi Shannxi. Sebagian besar dari patung yang diketemukan dalam bentuk kepingan-kepingan yang berwarna cerah dan diletakkan berdampingan dengan pot, senjata dan benda-benda lain. (Tribun News.com)

Tentara terakota yang diketemukan, dahulu dimaksudkan untuk melindungi kaisar Chin Shihuang di alam baka dan diyakini bahwa tentara itu akan selalu mengikuti sang kasiar hingga kerajaan akhirat. Sang kaisar percaya bahwa kalau dia wafat, akan banyak musuhnya datang dan menyerangnya. Sehinga sang kaisar merasa perlu membawa pasukan untuk menemani dan menjaganya siang dan malam ketika ia wafat, bahkan tentara-tentara itu akan dipakai untuk menalukkan kerajaan-kerajaan lain yang ada di akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar