Laman

Senin, 31 Oktober 2011

RUMAH JOGLO KINO NING PENI


Rumah Joglo Kino Ning Peni (KNP) berada di dekat komplek Villa Mulawarman, Jl. Mulawarman Selatan, Kramas, Tembalang, Semarang kira-kira berjarak 4 km dari Kampus Universitas Diponegoro Semarang.

Bangunan ini merupakan bekas bongkaran rumah joglo di daerah pedesaan Ponorogo, Jawa Timur. Bongkaran rumah joglo tersebut diboyong ke Semarang pada tahun 2001. Namun karena alasan belum siapnya lokasi mengingat lingkungannya merupakan tanah tegalan dan kebun yang ditumbuhi pepohonan liar, maka rumah joglo Kino Ning Peni baru siap dibangun pada tahun 2004.

Rumah joglo ini memiliki luas bangunan 10 X 10 meter persegi seperti layaknya bangunan rumah joglo tradisional Jawa yang selalu berbentuk bujur sangkar. Struktur bangunannya ditandai dengan kerangka utama bangunan yang terdiri dari empat tiang soko guru yang menyangga blandar balok tumpang sari sebanyak tujuh susun.

Bangunan ini, sudah dimodifikasi, sehingga bangunan depan tidak lagi terbuka melainkan sudah tertutup di batasi dengan dinding bata ekspose (batu bata tersusun menonjol, tanpa plester semen) yang dilengkapi dengan dua jendela di sisi depan, kiri dan kanan). Bangunan tertutup ini bisa difungsikan sebagai tempat pertemuan dengan menempatkan beberapa set kursi tamu. Di bagian sisi depan terdapat pintu dengan dua daun pintu (kupu tarung) yang berasal dari hasil modifikasi pintu rumah tua di pedesaan Jawa Timur. Sedangkan di bagian sisi belakang terdapat gebyok lama Jawa Timuran yang dengan ukiran yang minimal. Pada awalnya di bagian luar tidak memiliki ukiran, kemudian kini bagian ini juga diukir, sehingga keberadaan gebyok ini dapat juga dinikmati dari bagian belakang.


Pada bagian belakang Rumah joglo KNP terdapat selasar yang memiliki delapan tiang kayu masing-masing setinggi lima meter yang berasal dari bongkaran rumah di daerah Yogyakarta. Selasar ini terbuka dan dapat digunakan untuk duduk-duduk beristirahat. Selasar ini merupakan bagian yang menjadi satu dengan rumah joglo di depannya sebagai ruang terbuka melengkapi ruangan tertutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar